Kita
semua tahu bahwa bahasa inggris digunakan secara internasional. Artinya
masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang goegrafi, agama dan
kultur telah memiliki suatu media yang disepakati untuk berkomunikasi
satu sama lainnya, yaitu Bahasa Inggris. Sehingga jika ingin berwawasan
dan berpengetahuan luas maka bahasa inggris adalah sesuatu yang sangat
penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris memberi ruang gerak yang
seluas-luasnya kepada kita untuk larut menjadi bagian dari komunitas
global masyarakat dunia. Bahkan pada bidang-bidang tertentu bahasa
inggris mutlak sangat diperlukan. Oleh sebab itu, kita sebagai guru di
sekolah dasar sudah sepatutnya mengenalkan bahasa inggris kepada siswa
sejak usia dini. Dengan metode yang tepat belajar bahasa inggris akan
terasa menyenangkan yang akan menambah wawasan mereka dalam bermain.
Di
Indonesia, bahasa inggris telah lama diajarkan di semua sekolah
menengah dan atas baik negeri maupun swasta. Sejak kelas tujuh sampai
kelas dua belas, bahasa inggris menjadi mata pelajaran pokok sejajar
dengan mapel bahasa Indonesia dan matematika. Oleh karena itu, pada
ujian akhir nasional (UAN) SMP maupun SMA, bahasa inggris termasuk salah
satunya yang diujikan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, bahasa
inggris juga telah diajarkan di sekolah dasar sebagai muatan lokal. Para
siswa kelas 3 sampai kelas 6 menerima pelajaran bahasa inggris selama
beberapa jam pelajaran dalam seminggu. Sebagai bahasa internasional,
memang sudah sepatutnya kalau Bahasa Inggris diajarkan sejak dini.
bahkan dibeberapa sekolah TK, para siswanya diberi pelajaran bahasa
inggris walaupun dalam tingkat pemula. Anak-anak TK di ajari menyanyi
yang terkadang lirik lagunya di campur dengan bahasa inggris meskipun
masih basic sekali, menghafal nama bilangan dan nama warna dalam bahasa
inggris. Bahasa inggris di sekolah dasar memang merupakan muatan lokal,
tetapi hal itu sangat bermanfaat untuk mereka di era globalisasi seperti
ini. Kebijakan memasukkan bahasa inggris sebagai muatan lokal SD
merupakan langkah maju. Ketika anak lulus SD masuk ke jenjang yang lebih
tinggi, bahasa inggris sudah tidak asing lagi.
Pendidikan
bahasa inggris di SD dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan
berbahasa yang disertai dengan tindakan. Dalam pendidikan sekolah dasar
Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”.
Topik pembicaraannya berkaitan dengan hal-hal yang berada dalam konteks
situasi. Dalam hal ini siswa di ajak untuk latihan berinteraksi dengan
pasangan temannya, agar siswa SD tidak kesulitan dalam melafalkan Bahasa
Inggris karena pada dasarnya pembelajaran bahasa harus sering berlatih
untuk diucapkan dan bisa luwes dalam pengucapannya.
Memasuki
era globalisasi atau yang lebih dikenal dengan pasar bebas, menuntut
setiap individu untuk mempersiapkan sumber daya yang handal, terutama
dibidang IPTEK. Untuk mengetahui hal tersebut, dibutuhkan pengetahuan
yang memadai dalam menghadapi tuntutan dunia global yang bersaing dengan
ketat. Disini peran bahasa inggris sangat penting sekali dalam
menguasai ilmu komunikasi dan berinteraksi langsung dengan dunia global.
Dengan memberikan pembelajaran Bahasa Inggris terhadap anak sekolah
dasar, anak akan lebih tau tentang dunia global itu seperti apa, dengan
satu bahasa yaitu bahasa Inggris, anak bisa berkeliling dunia, karena
bahasa inggris telah digunakan diberbagai negara meskipun sebagai bahasa
kedua setelah bahasa resmi dimasing-masing negara. Pembelajaran bahasa
inggris mungkin manfaatnya belum bisa begitu terlihat ketika si anak
masih berada di sekolah dasar, tetapi itu akan sangat bermanfaat sekali
untuk masa depan si anak, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang
seterusnya, karena si anak sudah mendapatkan bekal di sekolah dasarnya.
Bagi kita seorang guru harus mampu mengajarkan bahasa inggris yang benar
dan tepat dan tentunya menyenangkan. Hal ini agar si anak benar-benar
memahami apa yang telah disampaikan oleh para guru. Anak-anak SD masih
sangat polos sekali, mereka akan menganut dan menerima apa yang di
berikan oleh gurunya. Sekali saja gurunya memberikan pengetahuan bahasa
inggris yang salah atau kurang benar, sampai jenjang pendidikan
berikutnya pun anak akan lebih cenderung mempertahankan apa yang telah
didapatkan dari gurunya di sekolah dasar itu, meskipun yang diberikan
guru itu kurang tepat. Oleh karena itu, sebagi guru harus memberikan
pembelajaran Bahasa Inggris yang baik dan benar kepada anak, agar anak
memiliki bekal yang tepat untuk menguasai bahasa inggris dengan baik.
Bahasa
Inggris merupakan suatu bahasa yang sangat penting dalam dunia
internasional terutama di era globalisasi sekarang ini. Bahasa Inggris
digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain diberbagai negara.
Dengan menguasai bahasa inggris, orang akan bisa masuk dan mengakses
dunia informasi dan teknologi. Dengan pengenalan bahasa inggris di
sekolah dasar, maka siswa akan mengenal dan mengetahui Bahasa Inggris
lebih awal. Sehingga, mereka akan mempunyai pengetahuan dasar yang lebih
baik sebelum melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Seorang guru dapat memberikan bekal bagi siswa bahwa dengan menguasai
bahasa Inggris maka bisa memberikan kesempatan yang lebih terbuka untuk
mengembangkan diri guna memperoleh kesempatan yang lebih baik menghadapi
persaingan lapangan kerja dan karir di masa yang akan datang. Bahasa
Inggris telah menjadi suatu alat yang sangat menentukan bagi kelanjutan
pendidikan, pekerjaan serta status sosial masyarakat.
Sebagai
seorang guru juga harus memperhatikan metode yang digunakan dalam
pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar, agar manfaat dari
pengajaran itu benar-benar didapatkan oleh si anak. Misalnya saja guru
menggunakan pendekatan komunikatif, artinya yang perlu ditonjolkan
adalah interaksi dan komunikasi bahasa, bukan pengetahuan tentang
bahasa. Belajar bahasa lebih efektif jika diajarkan secara alamiah,
artinya dilakukan melalui komunikasi langsung dalam Bahasa Inggris yang
sedang dipelajari. Kebutuhan utama siswa sekolah dasar dalam belajar
bahasa adalah untuk berkomunikasi, maka tujuan umum pembelajaran bahasa
adalah untuk mengembangkan siswa untuk berkomunikasi agar siswa bisa
lancar dalam melafalkan bahasa inggris sebagai bekal dimasa depannya
untuk menghadapi dunia global seperti saat sekarang ini. Pada intinya
bahasa inggris sangat penting sekali dikenalkan kepada siswa sekolah
dasar agar mereka lebih mengetahui dan memahami tentang Bahasa Inggris
dan tidak merasa kesulitan ketika mendapatkan Bahasa Iggris dijenjang
berikutnya, karena mereka sudah merasa tidak asing lagi dengan Bahasa
Inggris.
Dalam
garis besar pendidikan dasar di Indonesia, tujuan pendidikan dasar di
Indonesia ialah mempersiapkan lebih awal pengetahuan dasar siswa sebelum
melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Akhirnya kesimpulan
utama alasan pengajaran bahasa Inggris diadakan di sekolah dasar ialah
untuk memberikan pengetahuan penguasaan kosa kata yang banyak sehingga
apabila siswa melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat yang lebih
tinggi mereka tidak akan mengalami kesulitan . oleh krena itu fokus
utama dalam pengajaran bahasa Inggris ini menurut responden ialah
penguasaan kosa kata. Dengan menguasai kosa kata yang banyak maka para
siswa dapat dengan mudah menguasai keterampilan bahasa yang lain.
Demikanlah
yang dapat kami tulis tentang manfaat pembelajaran Bahasa Inggris di
sekolah dasar. Apa yang kami tulis hanyalah sebaian kecil dari
banyaknya manfaat yang diperoleh dari pembelajaran Bahasa Inggris di
sekolah dasar. Kami mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan
dan penyusunan kata.
Oleh: Moh. Shofi'i/PGSD_UST Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar